Luar Biasa! Inilah Teknologi Sederhana dari Barang Bekas yang Sangat unik

Luar biasa! Inilah teknologi sederhana dari barang bekas yang sangat unik! Jika Anda menemukan barang bekas, mungkin Anda hanya akan memilih untuk membuang atau bahkan membakarnya. Namun, jika Anda berfikir cerdas maka Anda akan memiliki solusi tepat untuk menyulap barang bekas tersebut sehingga menjadi sebuah barang yang masih bisa digunakan lagi. Sampah yang telah di daur ulang menjadi sebuah barang yang berguna kembali merupakan hasil dari teknologi sederhana yang memanfaatkan barang-barang bekas sebagai bahan utamanya.


Teknologi sederhana dari barang bekas 

Baca juga artikel lain di : http://hari.student.ittelkom-pwt.ac.id/

Teknologi sederhana dari barang bekas bisa Anda buat tanpa memerlukan bahan-bahan yang sulit. Anda hanya perlu mengumpulkan barang-barang tersebut dan menyulapnya menjadi barang serba guna. Berikut ini merupakan teknologi sederhana yang telah dibuat oleh orang-orang kreatif yang peduli akan lingkungan sekitarnya.

Alat Pengubah Plastik Menjadi Bahan Bakar

Teknologi pertama yang dibuat dari bahan bekas adalah sebuah alat unik yang dapat membuat plastik menjadi bahan bakar. Tentu saja alat ini sangat berguna karena dapat membantu manusia dalam mengurangi sampah plastik yang bertebaran di lingkungannya. Alat ini diciptakan dari berbagai barang bekas yang masih layak untuk di daur ulang.

Kelebihan dari alat ini adalah mampu membakar sampah plastik maupun botol dengan panas sebesar 400 derajat celcius. Plastik yang berhasil dibakar akan berubah menjadi cairan. Kemudian cairan tersebut akan disuling menjadi bahan bakar yang bisa digunakan sebagai generator listrik maupun mobil.

Kamera

Teknologi sederhana dari barang bekas yang kedua adalah kamera. Ini bukanlah sebuah kamera yang diciptakan dari bahan-bahan pada umumnya. Kamera unik ini berhasil diciptakan dari barang bekas oleh seorang fotografer dari Ceko yang bernama Miroslav Tichy. Dia mulai menciptakan kamera dari barang bekas ini pada tahun 1960 sampai tahun 1985.

Miroslav telah berhasil membuat sebuah kamera dengan menggunakan tabung toilet, kayu, benang serta amplas. Walaupun terbuat dari barang bekas yang sederhana, namun Anda jangan salah kira karena hasil jepretan dari kamera ini bisa dikatakan cukup bagus dan mengundang decak kagum para netizen.

Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Teknologi sederhana dari barang bekas yang selanjutnya adalah sebuah pembangkit listrik tenaga angin. Alat ini diciptakan oleh seseorang yang bernama William KamKwamba. Dia berasal dari Malawi yang merupakan sebuah daerah kecil di Benua Afrika. Hal yang mendasari William untuk membuat ini adalah karena pada saat itu di daerah tempat tinggalnya belum tersedia aliran listrik. Oleh karena itu, William yang pada saat itu masih berusia 15 tahun mencoba untuk membangun pembangkit listrik dengan menggunakan angin.

Pada awalnya, William membangun pembangkit listrik tersebut hanya untuk rumahnya. Ia menggunakan barang-barang bekas yang ditemukan di tempat sampah sebagai alat-alatnya. Bahkan ia pun menggunakan beberapa bagian dari sepeda bekas untuk proyek pembangkit listriknya. Berkat penemuan dan hasil ciptaannya tersebut, kini William telah dinobatkan sebagai pelopor penemu energi bersih untuk masa depan.

Alat Sapu Rumah

Teknologi sederhana dari barang bekas selanjutnya adalah alat sapu rumah. Teknologu sederhana ini dapat Anda ciptakan sendiri dengan mudah. Anda hanya membutuhkan botol bekas berukuran 1 liter, paku, serta kayu untuk gagangnya dalam membuat sapu rumah tersebut. Mudah bukan? Dan pastinya sapu yang dibuat dengan menggunakan teknologi yang sederhana ini dapat bertahan lama sehingga membuat Anda lebih hemat.

Kerajinan Tangan Sulam dari Botol Plastik Bekas

Teknologi sederhana dengan memanfaatkan barang bekas yang ada adalah sebuah kerajinan tangan sulam. Kerajinan tangan ini bisa dibuat dengan sangat mudah. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan hasil dari kerajinan ini di meja dapur atau sebagai gagang sikat pada meja rias.

Baca juga : http://hari.student.ittelkom-pwt.ac.id/2019/04/26/6-jenis-game-perang-terbaik/

Dengan demikian beberapa teknologi sederhana dari barang bekas yang perlu Anda ketahui. Dengan melihat beberapa teknologi yang diciptakan tersebut, semoga Anda ikut tergugah dan mulai berpartisipasi dalam penciptaam beragam teknologi sederhana. Selamat berkarya.