Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Membeli Monitor LCD

Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Membeli Monitor LCD! Apakah Anda bosan dengan monitor komputer lama Anda dan sangat membutuhkan yang baru? Mungkin Anda harus membiasakan diri dengan monitor komputer LCD.

Monitor LCD

Menurut informasi terkini LCD singkatan l iquid c rystal d isplay dan juga dikenal sebagai flatscreens. Monitor LCD telah digunakan selama beberapa saat, misalnya pada jam digital dan laptop. Dalam beberapa tahun terakhir mereka telah menjadi standar untuk monitor desktop. Pada saat yang sama, LCD juga telah menaklukkan pasar TV.

Monitor layar datar jauh lebih tipis dan lebih ringan daripada monitor CRT (tabung sinar katoda). Mereka juga membutuhkan lebih sedikit energi, tidak memancarkan radiasi elektromagnetik, dan teknologi ini memungkinkan gambar yang lebih jelas, resolusi lebih tinggi, dan tampilan bebas kerlipan, yang lebih mudah di mata.

Ini hanya beberapa argumen kunci untuk akhirnya menggantikan monitor CRT lama. Artikel ini menjelaskan berbagai fitur monitor secara umum dan layar datar secara khusus. Ini akan membantu Anda memahami apa yang harus Anda perhatikan ketika membeli monitor komputer LCD baru.

Ukuran layar

Ukuran layar diukur dalam inci, secara diagonal dari kiri bawah ke sudut kanan atas layar. Ukuran yang tersedia berkisar antara 15 ″ hingga 30 ″. Ukuran paling umum untuk monitor desktop saat ini adalah 19 ″ hingga 22 ″, tetapi tidak jarang membeli ukuran yang lebih besar.

Ukuran yang lebih besar biasanya berarti Anda akan memiliki lebih banyak ruang di desktop Anda. Anda mungkin akhirnya dapat melihat beberapa jendela terbuka secara paralel. Namun, monitor yang lebih besar juga memakan lebih banyak ruang di meja Anda dan cenderung lebih mahal.

Rasio Aspek

Rasio aspek menggambarkan jumlah relatif piksel horizontal ke vertikal dalam sebuah tampilan. Monitor CRT standar hampir persegi dengan rasio aspek 4: 3. Hari ini, Anda akan menemukan monitor layar lebar yang memiliki rasio aspek seperti layar bioskop, yaitu 16: 9 atau 16:10. 16: 9 juga disebut HD (definisi tinggi).

Jika Anda menonton DVD di komputer Anda, Anda dapat menghindari bilah hitam di layar Anda dengan tampilan layar lebar. Rasio lebar juga merupakan solusi paling nyaman untuk melihat beberapa jendela secara paralel. Satu-satunya alasan untuk menggunakan 4: 3 adalah Anda lebih memilihnya karena alasan tertentu atau Anda tidak memiliki ruang yang cukup di meja Anda untuk monitor yang lebih luas.

Resolusi

Resolusi adalah jumlah piksel yang ditampilkan secara horizontal dan vertikal. Karena sifat teknologi LCD, flatscreens hanya memiliki satu resolusi asli atau dioptimalkan. Oleh karena itu, resolusi asli mereka menggambarkan jumlah absolut piksel yang ada secara horizontal dan vertikal.

Bagaimana Cara Memilih Monitor LCD yang Terbaik?

Tidak seperti monitor CRT, menggunakan resolusi lebih rendah dari asli pada layar datar, mengarah ke gambar fuzzy. Karena itu, penting untuk memilih resolusi asli yang tepat sejak awal karena Anda tidak dapat mengubahnya, kecuali jika Anda menerima kehilangan kualitas gambar.

Resolusi yang lebih tinggi berarti gambar yang lebih tajam, kejernihan yang lebih tinggi, dan lebih banyak ruang desktop. Ini sempurna jika Anda melakukan banyak tugas atau menikmati menonton film di komputer Anda. Di sisi lain, teks menjadi jauh lebih kecil dan lebih sulit dibaca. Jadi, resolusi tinggi harus dihindari jika penglihatan Anda kurang sempurna.

Rasio Kontras

Rasio kontras menjelaskan perbedaan antara putih paling terang dan hitam paling gelap yang dapat ditampilkan monitor komputer LCD. Rasio kontras yang lebih tinggi sama dengan putih lebih putih dan hitam lebih hitam, serta tingkat nilai abu-abu yang lebih besar di antaranya. Rasio kontras terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah 1.000: 1.

Baca juga: https://hari.student.ittelkom-pwt.ac.id/2019/02/05/keunggulan-dan-spesifikasi-acer-aspire-3-a315-41g-r38x/

Rasio kontras dari monitor LCD adalah topik yang sulit. Anda tidak dapat benar-benar membandingkan nilai di antara produsen yang berbeda. Juga, kadang-kadang Anda akan menemukan istilah kontras dinamis, yang tidak sama dengan rasio kontras dan dapat menipu.