Cara Memilih Monitor Komputer Sempurna

Cara Memilih Monitor Komputer Sempurna! Saat Anda sedang membangun atau membeli komputer, monitor tidak selalu menjadi prioritas utama. Tetapi monitor berbeda seperti perangkat keras lainnya, dan lagi pula monitorlah yang akan Anda tatap sepanjang hari, jadi perlu sedikit dipikirkan. Inilah cara memilih yang tepat.

Monitor Komputer

Ukuran dan Resolusi

Pertama, saat ini Anda mungkin sudah memiliki ukuran dalam pikiran. Mungkin Anda ingin monitor komputer 27 “yang sangat besar untuk meja besar Anda, atau mungkin Anda menginginkan sesuatu yang lebih kecil. Mungkin Anda lebih suka dua monitor, dalam hal ini Anda harus memastikan keduanya cocok di meja Anda (dua monitor 27” akan menjadi sulit masuk di banyak tempat!).

Namun, ketika Anda memutuskan ukuran, Anda juga harus memikirkan resolusi monitor yaitu, berapa banyak piksel yang ditampilkan (dan seberapa tajam gambar itu). Monitor 1080p (yaitu, monitor dengan resolusi 1920×1080) sangat umum akhir-akhir ini, dan pada 23 “menghasilkan gambar yang cukup tajam.

Namun monitor 27″ tidak akan terlihat hebat pada 1080p, karena kerapatan pikselnya lebih rendah. Anda mungkin menginginkan resolusi yang lebih tinggi (seperti 2560×1440). Tidak hanya gambar akan lebih tajam, tetapi Anda akan memiliki lebih banyak “ruang” di layar untuk ikon Anda, halaman web, dan hal-hal lainnya.

Terakhir, ingatlah bahwa sementara kebanyakan monitor berukuran 16: 9 seperti HDTV ada rasio aspek lain di luar sana. Beberapa monitor, misalnya, memiliki resolusi 1920×1200, yang kira-kira sama dengan 1080p, tetapi memberi Anda tambahan 120 piksel vertikal, menjadikannya (pada dasarnya) layar yang lebih tinggi. Ini bisa sangat bagus untuk menjelajahi web dan menulis, tetapi agak sulit didapat.

Jenis panel

Selanjutnya, pikirkan apa yang Anda inginkan dari panel Anda. Ada beberapa jenis panel di luar sana, dan masing-masing bagus untuk hal yang berbeda. Kami telah membagikan video di atas sebelumnya, tetapi sangat relevan di sini.

Panel twisted nematic (TN) adalah jenis panel LCD termurah dan paling umum saat ini. Jika monitor Anda tidak mengatakan sebaliknya, itu mungkin panel TN. Mereka memiliki waktu respons yang lebih cepat dan mendukung kecepatan refresh yang lebih tinggi (lihat di bawah), jadi mereka ideal untuk gamer, terutama jika Anda ingin gim dalam 3D.

Bagaimana Cara Memilih Monitor Komputer Sempurna?

Namun, warnanya yang paling akurat dan terdistorsi pada sudut pandang yang berbeda, sehingga jenis panel lainnya akan jauh lebih baik jika Anda tidak memerlukan kecepatan refresh yang tinggi. Panel Vertical Alignment (VA) adalah opsi midrange yang baik (meskipun mereka sedikit lebih jarang daripada jenis lainnya).

Mereka memiliki akurasi warna yang lebih baik daripada panel TN, dan kulit hitam terbaik dari semua jenis panel yang berbeda, tetapi masih dapat menghasilkan efek warna aneh jika Anda melihatnya pada sudut yang salah.

Refresh Rate

Jika Anda bermain game, refresh rate adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Sebagian besar monitor hadir dengan refresh rate 60Hz, yang berarti Anda hanya dapat melihat 60 frame per detik saat bermain (bahkan jika game Anda mendapatkan 100 FPS, Anda hanya dapat melihat 60 di antaranya pada monitor 60Hz). Monitor 120Hz memberikan pengalaman gaming yang lebih halus dan memungkinkan Anda bermain game dalam 3D pada 60Hz untuk setiap mata.

Namun, perlu diingat bahwa laju penyegaran tinggi umumnya hanya datang pada panel TN, jadi Anda perlu memutuskan apakah laju penyegaran lebih penting daripada memiliki tampilan IPS yang lebih baik.

Baca juga: https://hari.student.ittelkom-pwt.ac.id/2019/03/13/saran-untuk-membantu-anda-membeli-kamera/

Pelapis Anti-Silau

Banyak monitor komputer datang dengan lapisan anti-silau pada mereka, yang mencegah (ya, Anda dapat menebaknya) silau dari cahaya yang datang di belakang Anda. Mereka berguna jika Anda berada di ruangan yang sangat terang atau memiliki jendela di belakang tempat Anda duduk, tetapi mereka juga dapat membuat gambar tampak sedikit lebih kusam dan kabur. Layar glossy terlihat lebih tajam, tetapi menderita masalah silau jika Anda berada di ruangan dengan banyak cahaya. Layar semi-glossy memberikan kompromi di antara keduanya.