Cara Memilih Monitor yang Tepat untuk Permainan

Cara Memilih Monitor yang Tepat untuk Permainan! Apakah Anda seorang gamer PC hardcore atau pejuang setelah jam kerja, perangkat keras Anda dapat berarti perbedaan antara kemenangan dan kekalahan. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari first-person shooter (FPS) terbaru, olahraga, balap, dan game aksi cepat lainnya.

Memilih Monitor

Anda tidak hanya membutuhkan PC gaming dengan solusi grafis yang kuat saat ini, Anda akan membutuhkan monitor yang dapat tampilkan aksi tanpa membuat Anda gambar buram, berkedip, robek, dan artefak gerak lainnya. Dalam panduan ini kami akan membantu Anda memilih tampilan yang akan memberi Anda keunggulan atas lawan Anda sambil memberikan pengalaman gaming yang halus dan mendalam. Berikut ini cara memilih monitor yang tepat:

Ukuran dan Resolusi Panel

Ketika datang ke monitor gaming, lebih besar hampir selalu lebih baik. Jika Anda memiliki ruangan, layar 27 inci menyediakan banyak real estat dan menawarkan kesempatan untuk melampaui Full High-Definition (FHD), yang menawarkan resolusi maksimum 1.920 x 1.080. Banyak dari model 27-inci yang lebih baru adalah monitor Wide, Quad High-Definition (WQHD) dengan resolusi maksimum 2.560 kali 1.440 piksel.

Hitungan piksel yang lebih tinggi memberikan citra yang jauh lebih tajam daripada FHD, tetapi Anda akan membutuhkan mesin grafis yang cukup kuat untuk memainkan game-game terbaru pada resolusi yang lebih tinggi, terutama jika Anda memiliki semua efek yang diaktifkan.

Jika ruang meja menjadi masalah, ada banyak monitor 24 inci di luar sana, tetapi Anda akan memiliki resolusi 1.920-by-1.080. Jika Anda memiliki banyak ruang, dan uang bukanlah benda, ukuran 30 inci, Monitor Ultra-High-Definition (UHD) akan menghasilkan gambar yang menakjubkan dengan resolusi 3.840-by-2.160 yang menakjubkan, atau Anda dapat menggunakan monitor ultra-lebar 34-inci dengan atau tanpa panel melengkung.

Layar ultra lebar biasanya memiliki rasio aspek 21: 9 (berbeda dengan rasio aspek 16: 9 yang biasa) dan menawarkan bidang pandang yang jauh lebih luas daripada monitor layar lebar standar, tetapi mereka membutuhkan banyak ruang. Monitor ultra-lebar panel melengkung hanya memiliki cukup kurva untuk membuat Anda merasa sedikit lebih dekat dengan tindakan

Teknologi Panel

Ada beberapa jenis teknologi tampilan dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Panel Twisted Nematic (TN) adalah yang paling terjangkau dan populer di kalangan gamer karena mereka menawarkan respons piksel cepat dan kecepatan refresh, tetapi mereka cenderung berubah warna jika dilihat dari sudut tertentu.

Panel Vertical Alignment (VA) dikenal karena rasio kontras asli yang tinggi, warna yang kuat, dan kemampuan untuk menampilkan kulit hitam pekat, tetapi panel ini juga dikenal menghasilkan efek ghosting yang nyata, yang dapat merusak kinerja game.

Bagaimana Cara Memilih Monitor yang Tepat untuk Permainan?

Panel In-Plane Switching (IPS) memberikan kualitas warna all-around terbaik, kinerja skala abu-abu yang kuat, dan sudut pandang lebar, tetapi panel tersebut tidak dapat menyamai respons piksel panel TN dan tunduk pada artefak gerak.

Pixel Response dan Refresh Rate

Monitor gaming harus memiliki respons piksel yang cepat dan kecepatan refresh yang tinggi. Spek respons piksel yang paling umum digunakan adalah abu-abu, yang diukur dalam milidetik dan menandakan waktu yang dibutuhkan piksel untuk transisi dari satu warna abu-abu ke yang lain (beberapa perusahaan masih menggunakan pengukuran hitam-ke-putih yang lebih lama).

Respons piksel yang rendah akan membantu menghilangkan noda pada gambar bergerak dan memberikan gambar keseluruhan yang lebih halus daripada respons piksel yang lebih tinggi. Respons abu-ke-abu-abu 2 milidetik atau kurang ideal, tetapi bahkan respons abu-abu ke abu-abu 4 milidetik biasanya memadai untuk bermain game.

Kecepatan refresh monitor mengacu pada waktu (per detik) yang diperlukan untuk menggambar ulang seluruh layar dan diukur dalam Hertz (Hz). Sebagian besar monitor LCD memiliki kecepatan refresh 60Hz, yang berarti layar di-refresh 60 kali per detik, tetapi gambar yang bergerak cepat mungkin tampak buram pada kecepatan refresh ini, atau panel mungkin menderita karena sobeknya layar, sebuah artefak yang terjadi ketika monitor menampilkan potongan-potongan dua (atau lebih) layar menarik pada saat yang sama.

Baca juga: https://hari.student.ittelkom-pwt.ac.id/2019/02/05/keunggulan-dan-spesifikasi-acer-aspire-3-a315-41g-r38x/

Cari monitor dengan kecepatan refresh 120Hz atau lebih tinggi, yang tidak hanya membantu mengurangi kekaburan gambar dan menghilangkan robekan, tetapi juga merupakan persyaratan untuk teknologi 3D aktif. Itulah beberapa cara untuk memilih monitor yang perlu Anda ketahui.