Ini Dia Teknologi Canggih Buatan Indonesia

Ini Dia Teknologi Canggih Buatan Indonesia! Perkembangan teknologi saat ini begitu pesat yang tidak hanya terjadi pada negara-negara maju seperti Jepang. Indonesia pun turut mengalami perkembangan teknologi yang sangat signifikan. Meski tidak semaju yang di Jepang, nyatanya Indonesia pun tidak pernah ketinggalan mengikuti tren teknologi dan menciptakan inovasi-inovasi terbaru di bidang tersebut.


teknologi canggih

Tidak ingin hanya menjadi seorang  pengguna teknologi dari luar negeri, Indonesia juga turut menciptakan teknologi-teknologi pintar yang dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Dibawah ini beberapa teknologi canggih buatan Indonesia, dan jika Anda ingin mengetahui informasi terlengkap lainnya Anda bisa simak di internet.

Wakamini dan Wakatobi (Tablet PC)

Sebuah perusahaan teknologi canggih lokal, yaitu Zyrextelah berinovasi menciptakan sebuah Tablet PC yang diklaim 100% asli buatan negara Indonesia. Dua seri komputer tablet yang diberi nama Wakamini dan Wakatobi ini merupakan sebuah produk sejenis iPad yang diciptakan produsen besar, Apple. Zyrex ini menjamin produk yang dibuat dengan menggunakan material asli dari Indonesia dan tanpa campur tangan pihak luar. Dijual dengan harga Rp 3 jutaan, tablet PC ini pun dibekali dengan fitur-fitur canggih yang tidak kalah dari iPad dan sudah diperkenalkan pertama kali di ajang FKI-ICS 2010, Balai Sidang, Jakarta.

Robot Gegana

Tim Penjinak Bom Gegana brimob ini membuat sebuah robot canggih yang diberi nama Robot Gegana. Robot ini pun diciptakan untuk dapat menjinakkan bom yang sudah tertanam di tanah dan menembak target incaran tersebut dengan tepat sasaran. Kemampuan robot ini pun sangat berguna bagi para penjinak bom dan bisa juga dipakai untuk di medan pertempuran. Robot ini yang didesain berbentuk mobil tank ini pun pernah dipamerkan di Pameran Teknologi dan Polisi di Balai Pertemuan Metro Jaya, Jakarta.

Sosrobahu

Di bidang konstruksi, ada sebuah teknologi canggih yang telah diciptakan oleh ilmuwan Indonesia yang disebut Sosrobahu. Teknologi ini pun merupakan teknik yang digunakan untuk dapat membangun jalan layang. Dengan menggunakan teknologi Sosrobahu ini, jalan yang dibangun pun bisa bertahan hingga satu abad. Teknologi ini sudah banyak di akui dunia dan tidak hanya dipakai di Indonesia saja, tapi juga negara-negara yang lainnya dari Malaysia hingga Thailand.

Smart Eagle II

Smart Eagle II ini merupakan sebuah pesawat tanpa awak pertama yang dibuat oleh PT Aviator Teknologi Indonesia dan digunakan untuk kepentingan intelijen negara. Pesawat canggih yang mampu terbang selama 6 jam ini dan mampu beroperasi pada malam hari ini, pertama kali diuji coba di salah satu tempat yaitu di Pantai Selatan Jawa Barat. Hasil yang didapat pun cukup memuaskan. Akan tetapi, pengembangan Smart Eagle II tidak berjalan dengan baik dan seolah-olah terabaikan. Padahal, pesawat canggih ini akan sangat berguna untuk militer.

Pesawat N-250

Sebuah pesawat penumpang sipil bernama N-250 yang dirancang IPTN Indonesia yang pernah menjadi salah satu aset kebanggaan Tanah Air. Pesawat yang diluncurkan pada 1995 ini memiliki keunggulan di kelasnya yang mampu merebut pasar kelas 50-70 penumpang. Pesawat ini pun pernah dipamerkan di Indonesian Air Show 1996 di Cengkareng dan menjadi sebuah teknologi canggih yang paling mendapat apresiasi. Akan tetapi pesawat N-250 ini dihentikan produksinya setelah krisis ekonomi 1997. Sempat untuk di rencanakan dibangun kembali oleh B.J. Habibie, namun dana yang diperlukan tersebut terlalu fantastis sehingga pesawat N-250 kini hanya tinggal kenangan.

Baca Juga : https://hari.student.ittelkom-pwt.ac.id/2019/03/27/cara-menggunakan-teknologi-yang-baik-dan-benar/

Chipset

Tidak banyak yang tahu saat ini  Indonesia memiliki Chipset buatan anak bangsa yang diberi nama Xirka. Chipset ini pun dirilis pada Agustus 2009 dan hadir dengan varian yakni untuk fixed wimax dan mobile wimax untuk jaringan internet. Akan tetapi, Chipset ini tidak dibuat untuk produk gadget seperti smartphone atau tablet. Xirka Chipset ini hanya dapat digunakan untuk alat pemindai absensi mahasiswa dan transaksi cahsless saja.

Untuk Itu kamu harus tahu kalau Indonesia juga memiliki teknologi canggih loh. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kamu harus bisa mengembangkan teknologi terbaru dan memanfaatkannya dengan baik.