Ancaman Komputer dan Internet yang Sering Kali Muncul

Ancaman Komputer dan Internet yang Sering Kali Muncul – Komputer dan internet memang banyak membantu pekerjaan Anda. Kemudahan-kemudahan dalam menggunakannya membuat pekerjaan cepat selesai bahkan Anda juga bisa menjangkau banyak orang lain di seluruh dunia. Namun di balik semua kelebihannya itu ada berbagai ancaman yang bisa merusak semua data di dalam komputer Anda.


ancaman komputer dan internet

Baca juga artikel lain di : https://hari.student.ittelkom-pwt.ac.id/

Saat Anda mendapati kalau komputer yang Anda pakai tidak lagi berfungsi seperti biasa, misal data hilang, tampilan mengganggu saat digunakan, atau bisa juga terjangkit virus. Ada banyak sekali ancaman komputer dan internet yang mungkin saja menimpa perangkat Anda. Sehingga Anda harus lebih waspada sejak dini sebelum hal tersebut terjadi.

Ada banyak istilah ancaman yang mungkin pernah Anda dengar namun belum mengerti maksudnya. Berikut akan dijelaskan beberapa hal yang mungkin saja mengancam komputer maupun internet Anda. 

Adware

Adware merupakan program yang bisa menampilkan iklan di komputer. Tentu saja hal ini akan mengganggu karena sumber daya komputer Anda akan terkuras. Sehingga komputer akan bekerja sangat lambat. Adware ada yang muncul secara pop-up sehingga sangat mengganggu kerja Anda.

Brute Force

Ancaman komputer dan internet yang satu ini merupakan kegiatan membobol password dengan cara mengkombinasikan angka dan huruf secara berurutan. Hal ini sangat berbahaya karena akan ada orang yang bisa saja menyalahgunakan password Anda. Cara mengatasi masalah ini yakni gunakan password yang terdiri dari huruf sekaligus angka, bahkan Anda juga bisa menggunakan simbol seperti S, &, dan lain sebagainya.

DDoS

Kepanjangan dari singkatan ini yakni Distributed Denial of Service, yakni sebuah server atau komputer yang diserang dengan dihujani kiriman data berukuran sangat besar secara bersamaan. Sehingga komputer tersebut akan sulit diakses karena perangkat tidak mampu menampung kiriman data berukuran besar.

Exploit

Ancaman komputer dan internet bernama exploit ini merupakan apikasi yang berusaha mencari serta menyerang kelemahan pada sistem agar mendapat akses atau dengan menginfeksi sistem maupun komputer.

Hoax

Ancaman yang satu ini biasanya disebarkan lewat email maupun website. Efeknya yakni banyak pembaca yang tertipu. Selain itu, jaringan internet akan menjadi berat karena pesan berantai dari berita bohong tersebut disampaikan ke orang lain. Selain merugikan Anda, Hoax juga merugikan para pembaca.

Keylogger

Anda mungkin akan menemukan keylogger yang berbahaya. Biasanya merekam inputan yang dimasukkan melalui keyboard untuk disimpan atau dikirim ke seseorang yang biasanya digunakan untuk tujuan tidak baik. Anda harus mewaspadai hal ini, password Anda yang diketik melalui keyboard tersebut bisa diketahui dengan mudah.

Salah satu cara agar bisa menghindari ancaman komputer dan internet ini yakni dengan menggunakan On Screen Keyboard saat menginput password. Cara ini bisa dijalankan dari program Windows yang berada pada Program -> Accecories -> Accessbility atau dengan mengetik OSK dari Start| Run pada Operating System Windows.

Malware

Anda mungkin tidak asing dengan istilah ini. Biasanya malware ada di bootsectoe di harddisk lalu mengubah program yang pertama kali dijalankan. Sistem yang biasanya menerima dampak pertama yaitu Sistem Operasi. Jika sudah terjadi infeksi maka malware akan cepat menyebarkan virus pada semua media yang Anda miliki.

Baca juga : https://hari.student.ittelkom-pwt.ac.id/2019/04/20/inilah-aplikasi-android-terbaru-tahun-2019-yang-wajib-anda-coba/

Selain hal-hal di atas, masih banyak ancaman komputer dan internet lainnya yang bisa menjangkit perangkat Anda. Sehingga sebelum hal tersebut terjadi lakukan tindakan pencegahan dengan memproteksi perangkat Anda.